Teks Negoisasi : Pengertian, Struktur, Ciri Bahasa, Langkah Penulisan dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Struktur, Ciri Bahasa, Langkah Penulisan dan Contoh Teks Negoisasi

Teks negoisasi – sebenarnya negoisasi ini bukan suatu hal yang asing, sebab dalam kehidupan sehari-hari kita tak luput yang namanya negoisasi. Negoisasi kadang terjadi sebab adanya kepentingan yang berbeda. Untuk lebih menguasai tentang negoiasi maka dibutuhkan pemahaman materi tentang teks negoisasi.

Bagi kalian yang sedang mencari materi negoisasi maka disini akan saya sajikan artikel dengan membahas tentang teks negoisasi. Sub poko bahasan yang nantinya akan dibahas dalam artikel ini mencakup pengertian dari teks negoisasi, struktur isi, ciri bahasa, langkah-langkah penulisan beserta contoh teks negoisasi. Berikut simak ulasan lengkap dibawah ini!

Pengertian Negoisasi

Negoisasi merupakan bentuk sosial yang fungsinya guna mencapai kerjasama antara pihak-pihak yang memiliki kepentingan berbeda. Menurut KBBI ialah proses tawar menawar melalui jalan berunding guna memberi maupun menerima untuk mencapai kesepakatan secara bersama bagi antar satu pihak dengan lain pihak.

Negoisasi ini asalnya dari bahasa inggris ‘negotiate’ yang berarti perundingan menggunakan strategi khusus. Sejumlag strategi pada negoisasi yakni –win-win strategi atau strategi menang-menang, lalu win-lose-strategy atau strategi menang-kalah, dan lose-lose strategy atau strategi kalah-kalah.

Jadi, teks negoisasi ialah bentuk interakasi sosial yang tujuannya mencapai kesepakatan bagi mereka yang mempunyai kepentingan berbeda.

Lantas, kapan kita harus bernegoisasi? Misalnya sebuah persahabatan yang bernegoisasi menggunakan trik serta strategi. Secara umum sifat manusia ini tidak mau kalah, tidak mau tertindas, dan tidak mau dipaksa. Jadi win-win solution yakni jalan dan pilihan yang terbaik. Dengan mengetahui cara bernegoisasi yang benar, maka akan sangat menguntungkan pada posisi kita dalam bidang sosial, lebih-lebih bidang bisnis.

Kapan seharusnya membutuhkan usaha bernegoisasi? 1. Kita tidak memiliki pilihan lebih baik guna menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi maupun memerlukan yang kita inginkan.

Struktur Isi Teks Negoisasi

Struktur dari teks negoisasi pada dialog negoisasi antar pihak satu dan pihak lain guna mencapai kesepakatan/ bukan jual beli terdiri atas tiga bagian yakni pembukaan, isi lalu diakhiri dengan penutup.
Sementara dalam teks dialog negoisasi bagi penjual dengan pembeli yang ada dipasar memiliki struktur teks berikut:

  1. Orientasi : pembukaan/ awalan dari sebuah percakapan negoisasi.
  2. Permintaan : pihak yang penasaran menanyakan suatu barang/ masalah yang dihadapi
  3. Pemenuhan : pihak terkait menjawab tentang pertanyaan dari pihak yang penasaran
  4. Penawaran : puncak dari negoisasi adalah disini, yakni terjadi proses tawar menawar pihak penanya dan penjawab sehingga menghasilkan sebuah kesepakatan yang menguntungkan antar satu sama lainnya.
  5. Persetujuan : kesepakatan dari hasil penawaran
  6. Pembelian : terjadilah transaksi jual beli
  7. Penutup : akan diakhiri dengan sebuah percakapan guna menyelesaiakan interaksi tersebut

Sedangkan dalam teks dialog pengusaha dengan bak, memiliki struktur teks antara lain : orientasi, pengajuan, penawaran, dan penutup.

Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa struktur tek negoisasi ini tanpa kebakuan, paling bergantung sekali dengan apa yang dinegoisasikan. Namun, yang perlu dihindarkan saat negoisasi ialah menghindari hal-hal yang bisa merugikan antar kedua belah pihak. Jadi, guna menghidarkan hal ini negoisasi harus dilaksanakan dengan cara berikut :

  1. Menyesuaikan sebuah pembicaraan mengarah tujuan praktis
  2. Mengakomodir butri perbedaan kedua belah pihak
  3. Mengajukan pandangan baru yang sudah ada dengan tidak memalukan kedua belah pihak
  4. Mengalokasikan tanggungjwab dan wewenang kedua belah pihak
  5. Memprioritaskan/ pengelompokan pendapat maupunsaran kedua belah pihak.

Ciri Ciri Umum Teks Negoisasi

Adapun ciri teks negoisasi ialah sebagai berikut :

  • Menghasilkan kesepakatan
  • Menghasilkan keputusan saling menguntungkan
  • Merupakan sarana guna mencari jalan tengahnya/ penyelesaian
  • Mengarah ke tujuan praktis
  • Memprioritaskan kepentingan bersama
  • Menyangkut suatu rencana yang belum terelesiasi
  • Selalu melibatkan kedua belah pihak
  • Merupakan kegiatan komunikasi secara langsung
  • Kadang teks negoisasi berupa dialog/ diubah menjadi monolog

Langkah Langkah Penulisan Teks Negoisasi

Berikut ini pendekatan langkah penyusunan teks negoisasi, antara lain :

  • Menentukan tujuan
  • Menentukan pihak yang terkait
  • Menentukan konflik
  • Menentukan solusi pada penawaran
  • Menentukan model kesepakatan

Ciri Kebahasan/ Kaidahnya

Kaidah kebahasaan maupun ciri dari kebahasaan teks ialah :

  1. Bahasa persuasive, yakni bersifat membujuk/ menarik perhatian
  2. Kalimat deklaratif, yakni isinya pertanyaan guna memberikan sebuah informasi
  3. Bahasanya harus sopan
  4. Memakai konjungsi
  5. Memakai kalimat yang efektif
  6. Berisi pasangan tuturan
  7. Sifatnya memerintah serta memenuhi perintah
  8. Memakai pronominal
  9. Memakai kalimat yang langsung
  10. Memakai kalimat dengan pernyataan kesepakatan/ tidak
  11. Memakai kalimat kontras/ perbandingan

Contoh Teks Negoisasi Singkat Dalam Jual Beli

Penjual : Apakah ada yang dapat saya bantu mas?
Pembeli : Maaft, mau tanya jenis baju yang ini ukuran M ada apa tidak?
Penjual : Ada mas, mohon tunggu sebentar akan saya ambilkan didalam.
Pembeli : Iya, terimakasih.
Penjual : Ini mas baju yang ukuran M.
Pembeli : Harganya berapa ini mas?
Penjual : Itu 150 ribu, pas nya 120 ribu
Pembeli : Apa bisa 100 pak?
Penjual : Maaf, tidak bisa mas soalnya sudah saya kurangi paling maksimal 120 ribu.
Pembeli : Ya pak ya, 110 ribu aja pak, ini saya langsung beli.
Penjual : Oke baiklah.

Seperti itulah bagaimana materi tentang teks negoisasi. Proses negoisasi ini akan memberikan manfaat untuk perusahaan salah satunya membuat hubungan dalam bisnis menjadi lebih meluas serta pasar menjadi lebih berkembang. Selamat membaca!

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *