Budi Pekerti : Pengertian, Tujuan, Macam dan Contoh Budi Pekerti Terlengkap

Posted on

Pengertian Budi Pekerti, Tujuan, Macam dan Contoh Budi Pekerti Terlengkap

Budi pekerti merupakan istilah dari bahasa jawa yakni budi yang artinya pikir serta pakerti yang artinya perbuatan. Dengan begitu, bisa disimpulkan jika pengertian budi pekerti ialah sikap maupun perilaku seseorang, prilaku keluarga, atau masyarakat yang berkaitan erat dengan norma maupun etika.

Menurut terminologi, pengertian budi pekerti ialah nilai-nilai perilaku manusia dan diukur berdasarkan kebaikan dan keburukannya lewat ukuran norma agama, hukum, norma tata krama, serta sopan santun, ataupun budaya/ adat istiadat sebuah masyarakat/bangsa.

Adapun pengertian budi pekerti ialah sebuah upaya pembentukan, peningkatan, pengembangan, pemeliharaan serta perbaikan perilaku pada peserta didik supaya mau dan dapat melaksanakan tugas hidupnya dengan selaras, serasi, dan seimbang diantara lahir batin, material spiritual, jasmani-rohani, dan juga individusosial.

Pengertian Budi Pekerti Menurut Para Ahli

Ki Sugeng Subagya (2010)

Pengertian budi pekerti Menurutnya ialah perbuatan yang dibimbing pikiran; perbuatan yang termasuk realisasi isi pikiran; ataupun perbuatan yang dikendalikan pikiran.

Ensiklopedia Pendidikan

Berdasarkan Ensiklopedia Pendidikan, pengertian Budi Pekerti ialah kesusilaan yang mencakup dari segi-segi kejiwaan maupun perbuatan manusia. Sementara itu, manusia susila ialah manusia yang memiliki sikap lahiriyah serta batiniyah yang sesuai terhadap norma etik & moral.

Badan Pertimbangan Pendidikan Nasional (1997)

Berdasarkan badan tersebut, pengertian Budi Pekerti ialah sikap serta prilaku sehari-hari, dari mulai individu, keluarga, masyarakat, dan bangsa yang didalamnya mengandung nilai-nilai tertentu yang berlaku serta dianut pada bentuk jati diri, persatuan dan kesatuan, nilai integritas, serta kesinambungan masa depan sebuah sistem moral. Serta yang menjadi pedoman untuk prilaku manusia Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa serta bernegara yang sumbernya dari falsafah Pancasila yang diilhami dari ajaran agama maupun budaya Indonesia.

Haidar (2004)

Berdasarkan pendapat Haidar, pengertian Budi Pekerti ialah usaha sadar yang telah dilakukan untuk upaya menanamkan ataupun menginternalisasikan nilai-nilai moral di dalam sikap maupun prilaku peserta didik supaya mempunyai sikap dan prilaku luhur dalam kehidupan sehari-hari, dalam berinteraksi pada Tuhan, maupun sesama manusia dan juga interaksi dengan alam atau lingkungan.

Tujuan Pendidikan Budi Pekerti

Berdasarkan pendapat Haidar Putra Dauly, budi pekerti memiliki tujuan untuk mengembangkan nilai, perilaku, dan sikap siswa dalam melancarkan akhlak mulia ataupun budi pekerti luhur. Pendidikan budi pekerti juga merupakan nilai-nilai yang mau dibentuk yakni tertanamnya akhlak mulia di dalam diri para peserta didik kemudian akan diwujudkan pada tingkah lakunya.

Macam-Macam Budi Pekerti dan Contoh

Sikap terhadap Tuhan

Sebagai seorang makhluk, pastinya harus menghormati sang Pencipta. Dengan penghayatan imam, anda akan diajak menghormati serta memuji Sang Pencipta. Perwujudan Pujian tersebut bisa berupa sikap berbaik sangka pada seluruh makhluk ciptaannya, terutama pada diri kita sendiri.

Sikap terhadap Sesama Manusia

a. Sikap penghargaan terhadap sesama manusia

Sebuah penghargaan jika pribadi manusia bernilai, sehingga tak boleh direndahkan ataupun disingkirkan. Masing masing manusia sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan, manusia bernilai.

b. Penghargaan terhadap Perempuan

wujud penghargaan manusia yang pertama ialah kepada wanita. Ini sangat penting karena, wanita tak boleh didiskriminasi oleh pihak laki-laki karena kelemahannya. Perempuan dan laki-laki sama sama bernilai dimata pencipta.

c. Menghargai Ide Orang Lain dan Ingin Hidup Bersama dengan Orang Lain

dengan sikap ini, pastinya akan membantu kita menjadi manusia yang lebih baik karena memanusiakan orang atau manusia lainnya.

d. Sikap Tenggang Rasa, Adil, Suka Mengabdi, Setia, Ramah, Sopan dan Menepati Janji

Dengan sikap sikap diatas akan membantu seseorang dalam berelasi kepada orang lain maupun hidup bersama dengan orang lain. Hidup adil dan bersikap tenggang rasa adalah penghargaan kepada orang lain yang sangat baik.

e. Sikap demokratis (non diskriminatif dan non represif)

Selain itu, sikap non diskriminatif maupun sikap non represif juga merupakan wujud dari sikap demokrasi. Sehingga di negara kita yang demokratis ini orang tak boleh mendiskriminasikan orang lain menurut suku, level pendidikan, dan agama maupun tingkat sosial mereka. Masing masing orang memperoleh perlakuan sama untuk memperoleh pelayanan dari masyarakat maupun dari negara serta berhak dihargai.

f. Penghormatan untuk sexualitas serta hidup berkeluarga

Nilai ini perlu di perkenalkan kepada anak didik supaya bisa menghargai serta menggunakan sexualitas dengan benar dan tak membuat pelecehan sexual maupun menyalahgunakannya.

g. Sikap berbangsa & cinta tanah air

Tentunya sikap ini sangat perlu ditanamkan juga kepada anak didik. Bersikap cinta pada tanah air, kemudian rela mengikuti pembangunan bersama dalam hidup bernegara, ikut terlibat dengan hidup bersama guna membangun suatu negara, dan taat pada hukum negara yang berlaku agar tercipta hidup bersama yang lancar dan semua itu harus ditekankan untuk membagun sebuah bangsa yang maju.

h. Nilai adat dan aturan sopan santun

Suatu budaya mempunyai nilai hidup bersama yang telah dianggap baik. Sehingga nilai tersebut harus di tanamkan pada anak didik supaya bisa memasuki budaya serta bisa mengerti arti budaya dan juga orang lain dari mereka. Meskipun sopan santun tak berlaku secara umum, namun nilai tersebut lebih ditentukan oleh daerah masing-masing ataupun nilainya relatif.

Sikap Terhadap Diri Sendiri

a.Sikap jujur, dan terbuka, menghargai diri.

Sikap diatas harus ditanamkan pada anak didik. Sedangkan nilai kejujuran pun harus diterapkan supaya negara kita berkembang dengan sebenarnya tanpa ada kebohongan yang ada. Manusia yang hidup didalamnya juga akan merasakan hidup yang sejahtera.

b. Sikap pengembangan menjadi pribadi manusia yang lebih baik

Beberapa sikap yang dimaksud adalah disiplin, bijaksana, mandiri, cermat, dan percaya diri. Itu semua akan menunjang kesempurnaan pada diri sendiri. Walaupun hal tersebut tidak secara langsung berhubungan dengan manusia lain, tapi akan membantu untuk menjalin kerja sama terhadap orang lain.

Sebagai orang muda, harus mengembangkan semangat kemandirian. Bagi orang muda tersebut harus dibantu supaya lebih mandiri, berani dalam menghadapi persoalan yang dialaminya sendiri, berani memperjuangkan sesuatu meskipun kesulitan menghadangnya serta tak mudah menyerah.

c. Memiliki daya juang serta penguasaan diri untuk melawan budaya instant serta mencari kesenangan pribadi

Hal tersebut bisa dicontohkan oleh seseorang yang dikuasai oleh narkoba. Saat ini memang sangat besar tantangannya salah satunya adalah narkoba. Tanpa perjuangan yang besar, tentunya tak akan bisa melewati tantangan tersebut dan bisa terbebas oleh arus zaman yang tak sehat itu.

d. Kebebasan dan tanggung jawab

Manusia memiliki sifat yang khas salah satunya ialah memiliki kebebasan untuk mengungkapkan keinginannya serta bertanggung jawab kepada ungkapannya. Kondisi ini berlaku untuk diri sendiri maupun orang lain, alam serta kepada Tuhan. Dengan sikap tersebut akan bisa mewujudkan kebebasan mimbar, bicara, kebebasan untuk mengungkapkan ide serta tanggung jawab.

Sikap Penghargaan terhadap Alam

Sikap penghargaan untuk alam diciptakan dengan tujuan agar manusia bisa hidup bahagia. Dengan begitu, pemakaian hasil alam akan lebih baik dan memanfaatkannya dengan sebaik baiknya untuk kepentingan bersama. Di sekolah anak didik juga dibimbing supaya bisa menjaga lingkungan alam, memanfaatkan hasilnya secara wajar tidak serakah dan bertanggung jawab. Menanggapi secara kritis untuk setiap persoalan lingkungan yang telah dihadapi di masyarakat.

Itulah pembahasan mengenai budi pekerti secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *