Surat Pribadi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Surat Pribadi, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Surat Pribadi – Surat pribadi adalah jenis surat yang dibuat untuk kebutuhan pribadi atau personal yang ditujukan pada pihak yang lainnya, baik pada seseorang maupun pada organisasi/perusahaan.

Surat Pribadi

Surat pribadi biasanya menggunakan bahasa baku atau tidak baku, karena isi surat itu bisa disesuaikan dengan kebutuhannya. Dalam penulisan surat pribadi harus selalu memerhatikan etika dan menggunakan bahasa yang sopan.

Bila dilihat dari segi sisinya, surat pribadi ini dibedakan menjadi dua macam yaitu :

  1. Surat pribadi yang sifatnya tidak resmi. Adalah jenis surat pribadi yang dibuat serta dikirim seseorang pada kerabat dan juga keluarganya. Bahasa yang digunakan tidak baku, tetapi tetap memerhatikan kesopanan dalam berkomunikasi.
  2. Surat pribadi yang sifatnya setengah resmi. Adalah surat yang dibuat dan dikirim seseorang secara pribadi, kepada pejabat atau organisasi/instansi. Surat pribadi ini harus menggunakan bahasa baku dengan aturan tertentu.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Kita bisa mengenali surat pribadi dari karakteristiknya. Berikut ini ciri surat pribadi pada umumnya :

  • Surat pribadi tidak dilengkapi dengan kepala surat (kop surat).
  • Surat pribadi tidak memiliki nomor surat.
  • Salam pembuka dan penutup dalam surat pribadi sifatnya non formal dan santai.
  • Bahasa yang digunakan disesuaikan dengan tujuan surat pribadi tersebut. Menggunakan bahasa baku jika sifatnya resmi, dan memakai bahasa tidak baku jika sifatnya tidak resmi.
  • Format surat pribadi umumnya lebih bebas.

Fungsi Surat Pribadi

Pada umumnya fungsi surat pribadi adalah sebagai berikut :

1. Untuk Mengekspresikan Perasaan

Biasanya surat pribadi digunakan untuk kebutuhan personal sehingga sering dipakai untuk mengungkapkan perasaan seseorang.

2. Menjadi Wakil Penulis

Fungsi lainnya yaitu sebagai wakil atau duta dari penulis surat. Dengan kata lain, surat pribadi ini akan mewakili penulis surat untuk berkomunikasi dengan pihak yang lainnya.

3. Sarana Penyampaian Ide dan Gagasan

Penyampaian gagasan serta ide bisa dilakukan dengan melalui surat pribadi kepada orang lain. Dengan cara ini maka si penulis bisa menyampaikan ide dan gagasannya dengan bebas.

4. Mengembangkan Kemampuan Bahasa

Menulis surat pribadi juga bisa membantu mengembangkan kemampuan pada seseorang. Semakin sering membuat surat pribadi maka kemampuan tata bahasa seseorang juga akan semakin berkembang.

Jenis-Jenis Surat Pribadi

Berikut ini ada beberapa jenis dari surat pribadi. Diantaranya yaitu :

Surat Pribadi Kekeluargaan

Jenis surat yang satu ini ditujukan untuk kebutuhan dalam berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, atau orang-orang yang dikasihi. Biasanya surat pribadi kekeluargaan menggunakan bahasa yang tidak baku. Dan pada umumnya ditulis dengan tulisan tangan.

Surat Pribadi Setengah Resmi

Yaitu jenis surat pribadi yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi dengan suatu instansi atau organisasi tertentu. Penggunaan bahasanya formal dan harus dibuat sedemikian rupa. Yaitu dengan bahasa yang baku dan juga sopan. Surat pribadi setengah resmi ini dibagi menjadi dua macam, yaitu :

  • Surat Lamaran Kerja. Adalah surat yang dibuat dan diserahkan pada pihak yang lainnya untuk keperluan melamar kerja. Surat lamaran kerja biasanya menggunakan bahasa yang baku, baik, sopan dan mudah dipahami.
  • Surat Permohonan. Adalah jenis surat yang dibuat dan diserahkan kepada pihak lain, baik secara pribadi ataupun organisasi/instansi. Yang dibuat untuk mengajukan suatu permohonan.

Struktur Surat Pribadi

Dalam membuat surat pribadi ada beberapa bagian yang saling melengkapi. Bagian-bagian itu diantaranya :

Alamat dan Tanggal Penulisan Surat

Di bagian ini pembuat surat menuliskan alamat dengan singkat dan tanggal surat dibuat.

Salam Pembuka

Bagian ini adalah cara penulis untuk memulai komunikasi melalui surat pribadi. Beberapa kata yang digunakan sebagai salam pembuka, adalah :

  • Salam sejahtera
  • Asalamualaikum
  • Dear…
  • Dan lain-lain

Paragraf Pembuka

Kalimat di bagian ini biasanya berupa pertanyaan tentang kabar si penerima surat. Contohnya :

“Hai Sofia, apa kabar? Bagaiman keadaan mu di sana, pasti sehat ya. Sudah lama tidak ketemu sama kamu, pasti kamu sudah tambah sukses sekarang…”

Paragraf Isi

Di bagian paragraf isi merupakan tempat di mana si penulis untuk menyampaikan inti atau tujuan dibuatnya surat tersebut. sebuah surat pribadi juga harus mempunyai tujuan yang jelas, dan harus disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Contohnya :

“Sofia, sahabat kecilku yang baik. Banyak yang terjadi di kampung kita sejak kamu pergi ke kota. Banyak pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah, dan sekarang banyak lowongan pekerjaan di sini. Saya ingin mengajak kamu bekerja di perusahaan keluargaku yang mulai berkembang…”

Paragraf Penutup

Bagian ini adalah bagian akhir yang menutup atau mengakhiri surat pribadi. Kata-kata yang sering digunakan adalah harapan, mohon diri, permintaan maaf, dan lain-lain. Contohnya :

“Sofia, sekian dulu surat saya. Jika sempat, tolong dibalas ya. Jangan lupa, sampaikan salam dari saya untuk Mama dan Papa mu…”

Contoh Surat Pribadi

Itulah penjelasan lengkap tentang pengertian surat pribadi, yang meliputi ciri, jenis, struktur dam juga contohnya. Semoga artikel ini dapat dipahami, dan membantu anda dalam menulis sebuah surat pribadi yang baik dan tepat.

Baca Juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *