Pengertian Komunikasi Interpersonal – Tujuan, Fungsi, Faktor Dan Aspeknya Lengkap

Posted on

Pengertian Komunikasi Interpersonal – Tujuan, Fungsi, Faktor Dan Aspeknya Lengkap

Interpersonal Adalah – Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan dengan cara tatap muka, dan juga saling memengaruhi, mendengarkan, memberikan pernyataan, saling terbuka, kepekaan yang adalah cara paling efektif dalam merubah sikap, opini dan tingkah laku seseorang dengan efek umpan balik secara langsung.

Pengertian lainnya yaitu komunikasi yang dilakukan oleh seseorang dalam bertukar gagasan, atau pemikiran pada individu yang lainnya. Definisi komunikasi interpersonal adalah konteks komunikasi yang dimana masing-masing individunya berkomunikasi pada perasaan, gagasan, emosi, dan juga informasi lainnya dengan cara bertatap muka kepada individu lainnya.

Pengertian Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli

  1. Menurut Ronald B. Adler dkk komunikasi interpersonal adalah semua komunikasi antara dua orang atau secara kontekstual intepersonal.
  2. Menurut Joseph A. Devitu komunikasi interpersonal adalah interaksi verbal dan nonverbal antara dua (atau kadang-kadang lebih dari dua) orang yang saling tergantung satu sama lain.
  3. Menurut Judy C. Pearson dkk komunikasi interpersonal adalah proses yang memakai beberapa pesan untuk mencapai kesamaan makna, antara dua orang pada sebuah situasi yang memungkinkan adanya kesempatan yang sama untuk pembicara dan juga pendengar.
  4. Menurut G.R Miller dan M. Steinberg komunikasi interpersonal adalah sebagai komunikasi yang terjadi dalam suatu hubungan intersonal.

Tujuan Komunikasi Interpersonal

Menemukan Personal Atau Pribadi

Di dalam komunikasi interpersonal ini terdapat peluang untuk saling berbicara tentang apa yang disukai atau mengenai diri kita, yang menjadikan komunikasi itu menjadi nyaman dan juga menarik untuk dibicarakan. Dengan cara membahas diri kita pada orang lain, kita juga memberi umpan balik pada perasaan, pikiran serta perilaku kita.

Menemukan Dunia Luar

Komunikasi interpersonal juga akan membuat kita paham lebih banyak lagi tentang diri kita, dan juga orang lain yang diajak komunikasi. Ada banyak informasi yang diketahui dari komunikasi interpersonal.

Membentuk Dan Menjaga Hubungan Yang Penuh Arti

Salah satu keinginan orang yang sangat besar, adalah terbentuknya dan terpeliharanya hubungan dengan orang lain. Banyak waktu yang dimanfaatkan di dalam komunikasi interpersonal yang diabadikan, dalam menjaga dan membuat hubungan sosial dengan orang yang lainnya.

Merubah Sikap Dan Tingkah Laku

Dengan komunikasi interpersonal akan membuat banyak waktu yang dapat dimanfaatkan untuk mengubah sikap dan juga tingkah laku orang lain. Caranya bisa dengan memberi mereka pilihan seperti mencoba diet dengan cara baru, membeli barang tertentu, menonton film, menulis, membaca buku dan banyak waktu yang digunakan dalam posisi intepersonal.

Untuk Bermain Dan Kesenangan

Berbicara dengan teman mengenai kegiatan di akhir pekan, melakukan diskusi tentang olahraga, bercerita cerita lucu pada umumnya hal tersebut merupakan pembicaraan yang menghabiskan waktu. Komunikasi interpersonal dapat memberi keseimbangan yang penting dalam pikiran, yang memerlukan rileks/santai pada seluruh keseriusan yang ada di lingkungan kita.

Untuk Membantu

Ahli kejiwaan, ahli psikologi klinis dan terapi menggunakan komunikasi interpersonal dalam aktivitas profesional mereka dalam memberi arahan pada kliennya. Hal itu memiliki fungsi dalam membantu orang lain dalam interaksi interpersonal sehari-hari. Misalnya  Kita berkonsultasi dengan seorang teman yang putus cinta, berkonsultasi dengan mahasiswa mengenai mata kuliah dan sebagainya.

Fungsi Komunikasi Interpersonal

  • Menjadikan terbentuk dan terpeliharanya hubungan baik antar individu.
  • Memberikan pengetahuan dan informasi
  • Merubah sikap dan perilaku
  • Memecahkan masalah hubungan antar manusia
  • Menjadikan citra diri lebih baik lagi
  • Membantu jalan untuk sukses

Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi Interpersonal

Lunandi (1994:85) menyatakan ada enam faktor yang memengaruhi komunikasi interpersonal, faktor ini antara lain adalah :

Citra Diri (Self Image)

Masing-masing manusia merupakan penggambaran tertentu mengenai dirinya, status sosialnya, kelebihan dan kekurangannya. Citra diri pun menjadi penentu eksresi serta persepsi dari orang lain. Manusia juga belajar membuat citra dirinya melalui hubungannya dengan orang lain, terutama manusia lainnya yang penting bagi dirinya.

Citra Pihak Lain (The Image of The Others)

Citra dari pihak lain juga penting dalam penentuan cara dan kemampuan orang dalam berkomunikasi. Pihak lainnya ini ialah orang yang juga ikut dalam komunikasi yang mempunyai gambaran khas mengenai dirinya. Kadang orang lain yang satu komunikatif juga lancar, tenang, jelas, dengan yang lainnya tetapi bisa tiba-tiba bingung. Ternyata ketika berkomunikasi memang dirasakan ada campur tangan dari orang lain.

Lingkungan Fisik

Perilaku manusia tidak sama dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Karena pada setiap tempat memiliki normanya sendiri untuk ditaati. Selain itu, tempat/lingkungan fisik sudah mempunyai hubungan dengan dengan kedua faktor yang sebelumnya.

Kondisi

Kondisi fisik juga mempunyai pengaruh pada komunikasi yang sedang sakit, sehingga kurang cermat dalam memilih kata. Kondisi emosional yang kurang stabil, komunikasinya juga kurang stabil, karena komunikasi berlangsung timbal balik. Kondisi itu bukan hanya menjadi pengaruh pengiriman, tapi juga penerimanya. Arti komunikasi adalah luapan sesuatu yang penting, yang meringankan kesesalan yang dapat membantu menempatkan semuanya dalam proporsi yang wajar.

Bahasa Badan

Komunikasi tak hanya dikirim atau terkirim dengan kata yang terucap. Badan juga menjadi medium komunikasi yang kadang efektif tapi kadang juga samar. Tetapi dalam hubungan diantara orang di suatu lingkungan kerja tubuh, dapat menafsirkan bahasa pertanyaan secara umum.

Aspek-Aspek Komunikasi Interpersonal

Rahmat (1998:75) menyatakan dalam komunikasi interpersonal, bukan hanya menghubungkan dua orang yang tatap muka saja tapi ada juga aspek yang penting, yang mendukung keberhasilan komunikasi interpersonal. Yaitu :

  • Rasa Percaya

Dengan rasa percaya ini akan membuat orang lain terbuka dalam mengeluarkan pikiran dan perasaannya pada individu, sehingga akan terjalin hubungan yang akrab dan berlangsung dengan mendalam.

  • Sikap Suportif
  1. Deskripsi yang berarti penyampaian perasaan dan persepsi tanpa menilai.
  2. Orientasi masalah merupakan mengkomunikasikan kehendak untuk bekerja sama mencari pemecahan masalah.
  3. Spontanitas merupkaan sikap jujur dan tidak mau menyelimuti mitif yang dipendam.
  4. Empati merupakan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.
  5. Persamaan merupakan sikap yang menganggap sama derajatnya, saling menghargai dan menghormati perbedaan pandangan dan keyakinan yang ada.
  6. Profesionalisme merupakan kesediaan untuk meninjau kembali pendapatknya dan sedianya mau mengakui kesalahan.
  • Sikap Terbuka

Sikap ini sangat besar pengaruhnya pada komunikasi yang efektif, pada karakteristik orang yang terbuka diantaranya yaitu :

  1. Melakukan penilaian pesan secara objektif.
  2. Berorientasi pada isi.
  3. Mencari informasi dari berbagai sumber.
  4. Sifatnya profesional dan bersedia merubah kepercayaan.
  5. Mencari pengertian pesan dan tidak sesuai dengan rangkaian kepercayaan.

Sekian pembahasan tentang Komunikasi Interpersonal yang disertai dengan pengertian, tujuan, fungsi, faktor dan juga aspeknya secara lengkap. Semoga artikel ini bisa dipahami dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *