Pengertian Birokrasi – Ciri, Jenis, Karakteristik dan Perannya Lengkap

Posted on

Pengertian Birokrasi – Ciri, Jenis, Karakteristik dan Perannya Lengkap

Pengertian Birokrasi – Jika dilihat dari segi bahasa, birokrasi bersumber dari kata “Biro” yang artinya meja dan “Kratein” yang artinya pemerintahan. Dengan seperti itu birokrasi mempunyai arti meja pemerintahan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Birokrasi

Menurut KBBI birokrasi adalah sistem pemerintahan yang dilakukan oleh pegawai pemerintahan karena telah berpegang dengan hierarki serta jenjang jabatan. Menurut Wikipedia birokrasi adalah organisasi yang memiliki rantai komando berbentuk piramida, yang dimana lebih banyak orang di tingkat bawah dibanding tingkat atas, yang biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya sipil/militer.

Pengertian birokrasi menurut Michael G. Roskin, et.al adalah organisasi besar yang terdiri dari pejabat yang diangkat, yang dimana fungsinya adalah untuk menjalankan/mengimplementasikan beberapa kebijakan yang sudah diputuskan atau diambil oleh setiap pengambil keputusan.

Pengertian lainnya birokrasi adalah struktur yang telah diorganisasi atau suatu sistem rasional yang sudah dirancang sedemikian rupa bentuknya, agar memungkinkan terjadinya kebijakan publik yang efektif serta efisien.

Birokrasi ini dijalankan oleh beberapa prosedur dan aturan yang bersifat tetap. Dan komando yang berbentuk hierarki kewenangan yang dimana berjalan atau mengalir dari atas ke bawah. Birokrasi juga disebut badan yang melakukan penyelenggaraan publik. Birokrasi tersusun atas individu, yang diangkat oleh eksekutif serta posisi mereka yang selalu datang dan pergi. Artinya individu duduk dalam birokrasi karena dipertahankan menurut prestasi kerjanya serta terkadang mereka dikeluarkan karena prestasi kerjanya menjadi kurang baik.

Ciri-Ciri Birokrasi

  • Jabatan administrasi yang diorganisir atau tersusun secara hierarkis.
  • Masing-masing jabatan mempunyai area kompetensi sendiri-sendiri.
  • Pegawai negeri ditetapkan, tidak dipilih menurut pada kualitas teknik yang ditunjukan dengan ijazah atau ujian.
  • Pegawai negeri mendapatkan gaji tetap sesuai dengan pangkat atau kedudukannya.
  • Pekerjaan adalah karier yang terbatas, atau pada intinya, pekerjaannya sebagai pegawai negeri.
  • Para pejabat tidak mempunyai kantor sendiri.
  • Para pejabat sebagai subjek untuk melakukan pengontrolan dan pendisiplinan.
  • Promosi didasarkan dari pertimbangan kemampuan yang melebihi rata-rata.

Jenis-Jenis Birokrasi Negara

Ideal typhus Amerika Serikat menyatakan bahwa dapat diketahui beberapa tipe birokrasi negara yang bisa digunakan untuk memisahkan tipe birokrasi. Dengan mengetahui ideal thypus ini bisa membandingkan dengan birokrasi yang ada di Indonesia. di AS ada empat jenis birokrasi, yaitu :

1. Departemen-Departemen di Dalam Kabinet (The Cabinet Departements)

Di dalam birokrasi tersusun atas beberapa lembaga birokrasi yang dibagi berdasarkan tugasnya. Seperti departemen pertahanan, departemen pendidikan, departemen kesehatan dan departemen lain yang memiliki tugas untuk melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan oleh lembaga eksekutif dan yudikatif.

2. Agen-Agen Federal (Federal Agencies)

Adalah ungkapan lain dari tangan kanan lembaga kepresidenan. Agen ini terbentuk dengan dasar pilihan Presiden yang sedang memerintah. Misalnya NASA dan FBI (Federal Bereau Investigation). Sedang untuk di Indonesia contohnya seperti LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) dan BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional).

3. Perusahaan-Perusahaan Federal Milik Federal (Federal Corporation)

Adalah birokrasi yang menyatukan antara lembaga pemerintah dengan lembaga bisnis. Contoh di Indonesia adalah BUMN (Bada Usaha Milik Negara). Garuda Indonesia Airways (GIA). Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Bank Mandiri dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

4. Agen-Agen Pengaturan Independen (Independent Regulatory Agencies)

Adalah birokrasi yang dibuat untuk keperluan dalam menyelengggarakan regulasi ekonomi atas dunia bisnis. Contoh birokrasi seperti ini di Indonesia adalah BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), KPPU (Komisi Pengawasan Persaingan Usaha), KPU (Komisi Pemilihan Umum), KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) dan lain sebagainya.

Karakteristik Birokrasi

  • Kerja yang ketat pada peraturan (rule)
  • Tugas yang sifatnya khusus (spesialisasi)
  • Kaku dan sederhana (zakeliik)
  • Diselenggarakan secara resmi (formal)
  • Diatur dari atas ke bawah (heirarchi)
  • Berpedokan pada logika (rational)
  • Tersentralistis (otorithy)
  • Taat dan patuh (obedience)
  • Disiplin (dicipline)
  • Terstruktur (sistematic)
  • Tanpa pandang bulu (impersonal)

Peran Birokrasi dalam Pemerintahan Modern

1. Administrasi

Peran administrasi pemerintahan modern mencakup kegiatan administrasi, pengaturan, pelayanan, perizinan, dan pengumpul informasi.

2. Pelayanan

Tujuannya yaitu untuk pelayanan masyarakat/sekelompok tertentu. Misalnya untuk di Indonesia adalah Badan Metereologi dan Geofisika (BMG).

3. Pengaturan (Regulation)

Peran pengaturan dari birokrasi adalah dibuat untuk memberikan kesejahteraan masyarakat.

4. Pengumpul Informasi (Information Gathering)

Badan birokrasi menjadi ujung tombak jalannya kebijaksanaan di sebuah negara, dalam menyiapkan data yang berhubungan dengan kebijaksanaan pada beberapa pelanggaran/kebutuhan untuk menentukan kebijakan baru pada situasi yang faktual.

Menurut Andrew Heywood, peran birokrasi antara lain yaitu :

  • Melaksanakan administrasi
  • Nasehat kebijakan (policy advice)
  • Artikulasi kepentingan
  • Stabilitas politik

Demikilanlah Pengertian Birokrasi yang disertai dengan ciri, jenis, karakteristik dan perannya secara lengkap. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi tepat bagi anda dan bermanfaat untuk anda semua.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *