Metode Penelitian Kualitatif : Pengertian, Ciri dan Karakteristiknya Lengkap

Posted on

Metode Penelitian Kualitatif Dan Karakteristiknya Lengkap

Ciri-Ciri Penelitian Kualitatif – Metode penelitian adalah sebuah cara yang lebih menekankan pada aspek pemahaman dengan cara yang mendalam, pada sebuah permasalahan. Penelitian kualitatif adalah penelitian riset yang sifatnya deskriptif dan cenderung memakai analisis dan juga lebih menonjolkan proses serta makna. Tujuannya adalah pemahaman dengan lebih mendalam, pada sebuah permasalahan yang dikaji. Serta data yang dikumpulkan lebih banyak kata atau gambar daripada angka.

Metode Penelitian Kualitatif

Karakteristik Atau Ciri-ciri Penelitian Kualitatif

Ciri pokok pada metode penelitian kualitatif ini ada lima, diantaranya yaitu :

1. Menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data

Sumber data yang dipakai di dalam penelitian kualitatif yaitu yang berupa lingkungan yang alamiah. Kajian utama di dalam penelitian kualitatif adalah beberapa peristiwa yang terjadi, dalam kondisi serta status sosial. Penelitian dilakukan pada saat berinteraksi langsung di tempat kejadian. Peneliti juga melakukan pengamatan, mencatat, mencari tahu, menggali sumber yang berhubungan dengan kejadian saat itu. Hasil yang didapatkan segera disusun saat itu juga, dan apa yang diamati pada dasarnya tak lepas dari konteks lingkungan yang dimana tingkah laku itu berlangsung.

2. Memiliki sifat deskriptif analitik

Data yang didapatkan dari hasil pengamatan, wawancara, dokumentasi, analisis, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian, bukan dalam bentuk angka-angka. Peneliti juga melakukan analisis data dengan cara memperbanyak informasi, mencari hubungannya, membandingkan, dan menemukan hasil atas dasar data sebenarnya (bukan dalam bentuk angka). Hasil analisis data ini berupa pemaparan yang berkaitan dengan situasi yang diteliti serta disajikan dalam bentuk uraian narasi. Pemaparan data itu secara umum adalah menjawab dari pernyataan di dalam rumusan masalah yang ditetapkan.

3. Tekanan pada proses bukan hasil

Data serta informasi yang diperlukan di dalam penelitian kualitatif berhubungan dengan pertanyaan, dalam mengungkapkan proses serta bukan hasil dari suatu kegiatan. Pertanyaan menuntut gambaran keadaan yang sebenarnya, mengenai kegiatan, tahap-tahap, prosedur, alasan-alasan dan interaksi yang terjadi dimana dan pada saat dimana proses itu berlangsung.

4. Bersifat induktif

Penelitian kualitatif diawali mulai dari lapangan yaitu fakta empiris. Peneliti terjun langsung ke lapangan, mempelajari suatu proses penemuan yang terjadi dengan alami dengan cara  mencatat, menganalisis dan melaporkan serta menarik kesimpulan dari proses berlangsungnya penelitian tersebut. hasil penemuan peneliti di lapangan yang berbentuk  konsep, prinsip, teori dikembangkan bukan dari teori yang telah ada. Penelitian kualitatif memakai proses induktif yang artinya dari data yang terpisah tetapi saling berhubungan erat.

5. Mengutamakan makna

Makna yang diungkapkan berkisar pada persepsi orang tentang suatu peristiwa yang akan diteliti. Contohnya penelitian yang dilakukan mengenai peran kepala sekolah dalam pembinaan guru. Peneliti fokus pada perhatian pendapat kepala sekolah mengenai guru yang dibinanya, mencari informasi serta pandangan kepala sekolah mengenai guru yang dibinanya, apa saja yang dialami dalam membina guru, mengapa gurunya gagal dibina, serta mengapa hal itu bisa terjadi. Selain mencari informasi pada kepala sekolah,  peneliti juga mencari informasi dari para guru dan menjadi bahan perbandingan agar bisa diperoleh pandangan tentang mutu pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah. Ketepatan informasi dari partisipan diungkap peneliti supaya bisa menginterpretasikan hasil penelitian dengan cepat dan sahih.

Kesimpulannya penelitian kualitatif dimulai dari lapangan yang berdasarkan lingkungan alami, bukan pada teori. Data serta informasi yang didapatkan dari lapangan ditarik makna serta konsepnya, melalui pemaparan secara deskriptif analitik serta tanpa menggunakan angka, karena lebih mengutamakan prosesnya.

Di dalam dunia pendidikan, penelitian kualitatif ini tujuannya adalah untuk menggambarkan proses kegiatan pendidikan yang didasarkan pada apa yang terjadi di lapangan. Yang menjadi bahan kajian dalam menemukan kelemahan serta kekurangannya sehingga bisa ditentukan upaya perbaikan, menganalisis suatu fakta, gejala dan peristiwa pendidikan yang terjadi di lapangan; menyusun hipotesis yang berkenaan dengan prinsip dan konsep pendidikan didasarkan pada data dan informasi yang terjadi di lapangan.

Itulah ulasan tentang ciri-ciri penelitian kualitatif yang dilengkapi dengan pengertian serta metode penelitiannya. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua, dan dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan anda.

Baca Juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *