12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli Lengkap

Definisi Iklan Menurut Para Ahli – Tentu kita sering mendengar dan melihat tentang iklan di media seperti misalnya televisi, koran, radio atau majalah. Bahkan kita sering terpengaruh dengan iklan yang ditayangkan itu. Karena memang itulah tujuan dari pemasaran yang dilakukan dengan melalui pengiklanan oleh berbagai macam perusahaan, dalam menjual produk/jasa yang mereka miliki. Berikut ini pengertian atau definisi iklan menurut para ahli yang lengkap.

12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Iklan Adalah berita/pesan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai supaya tertarik dengan barang/jasa yang mereka tawarkan. Pemberitahuan pada khalayak tentang barang/jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa seperti misalnya surat kabar dan majalah. Atau di tempat-tempat umum.

Wikipedia

Iklan/pariwara adalah promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha atau ide yang harus dibayar oleh sponsor. Di dalam dunia manajemen pemasaran iklan adalah suatu strategi promosi secara global atau secara keseluruhan.

Kriyantono (2008)

Iklan adalah bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan dengan cara persuasif dari sponsor yang jelas, untuk memengaruhi orang lain supaya membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang digunakan.

Durianto (2003)

Iklan adalah proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk/menggiring orang, supaya mengambil tindakan yang menguntungkan untuk si pembuat iklan.

Suhandang (2005)

Iklan adalah salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan/waktu untuk menyiarkan informasi mengenai barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.

Gilson & Berkman (1980)

Iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan dari pemasaran.

Russel & Lane (1990)

Iklan adalah pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan dengan melalui beberapa media komunikasi massa.

Wright (1978)

Iklan adalah proses komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat penting, sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual barang. Memberi layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.

Wells (1992)

Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan memakai media massa, dan tujuannya yaitu untuk membujuk serta memengaruhi audience (penonton, pendengar atau pembaca).

Lee (2004)

Iklan adalah komunikasi yang komersil dan non-personal mengenai sebuah organisasi atau produk, yang ditransmisikan ke khalayak ramai dengan target melalui media yang sifatnya massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum.

Rhenald Kasali (1992)

Iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk, yang ditujukan kepada masyarakat dengan melalui media.

Kotler (2002)

Periklanan adalah bentuk penyajian mengenai promosi dan ide, barang/jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang membutuhkan pembayaran.

Di dalam sebuah iklan terdapat unsur penting yang bisa membedakan iklan dengan bentuk komunikasi yang lain seperti gagasan, barang dan jasa, non-personal, sponsor dan pembayaran. Tujuan dari dibuatnya iklan adalah untuk mengeksplor serta mengenalkan barang/jasa pada khalayak ramai atau masyarakat umum, dan memengaruhinya supaya produk yang diiklankan itu menarik masyarakat untuk mencoba atau membelinya.

Itulah definisi iklan menurut para ahli secara lengkap, yang dapat membantu anda memahami pengertian iklan secara umum. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *