Tips dan Trik Menggunakan Akun Bisnis WhatsApp

Posted on

Tips dan Trik Menggunakan Akun Bisnis WhatsApp

Akun bisnis whatsap – Kabar baik bagi kamu pelaku bisnis yang sedang memanfaatkan WhatsApp sebagai tempat berinteraksi dengan konsumen. Sebab baru-baru ini WhatsApp membuka versi baru khusus dirancang bagi pebisnis dan brand.
WhatsApp Business dan juga personal merupakan dua aplikasi yang berbeda, sehingga bisa menggunakan versi bisnis. Namun kamu harus mengunduhnya terlebih dulu di Play Store. Berikut ini akan di jelaskan beberapa tips menggunakan akun bisnis WhatsApp supaya adaptasi kamu akan semakin cepat dan pelayanan pelanggan bisa kembali berjalan normal.

1. Mendaftarkan Akun WhatsApp Business

Seperti halnya pada versi personal, WhatsApp Business pun membutuhkan nomor ponsel yang aktif. Sebagai catatan, WhatsApp Business tidak dapat menggunakan nomor yang sudah pernah/ sedang digunakan di WhatsApp standar. Jadi, bila kamu ingin menggunakan nomor yang sama, kamu harus memilih salah satunya dengan tetap berada di versi standar atau akan beralih menjadi versi bisnis.

Langkah-langkahnya adalah :

  1. Pertama unduh dahulu WhatsApp Business APP dari Play Store.
  2. Setelah terpasang, lalu jalankan aplikasi seperti biasanya dan tap Agree and Continue untuk melanjutkan menuju tahapan berikutnya. Ketika muncul jendela popup, tap Continue serta tap Allow beberapa kali.
  3. Berikutnya, masukkan nomor ponsel kamu yang ingin digunakan.
  4. Biasanya, sistem secara otomatis akan mengenali kode verifikasi melalui pesan singkat. Tetapi bila tetap diminta, silahkan membuka pesan SMS yang dikirim, lalu ketikkan kode verifikasi yang ada di dalam pesan tersebut.
  5. Tahap selanjutnya, isi nama bisnis kamu dan pastikan terisi dengan benar sebab nama ini tidak akan dapat diubah di kemudian hari. Setelah selesai, maka akun WhatsApp Business kamu sudah berhasil dibuat. Kamu sudah dapat langsung menggunakannya untuk berinteraksi dengan para konsumen.

2. Mengubah Profil Bisnis

Profil bisnis misalnya alamat, kategori bisnis, jam buka serta alamat web dapat diubah dan juga ditambahkan dengan mengakses menu Settings – Business Settings. Seperti yang sudang disinggung tadi, di pengaturan tersebut kamu bisa melengkapi data perusahaan seperti lokasi kantor ataupun toko, kategori, foto, deskripsi dan situs web. Bila semua data sudah terisi secara benar, tap tombol Save di kanan atas guna menyimpan perubahan.

3. Melihat Statistik Pesan

Panel statistic telah dipersiapkan untuk menampung informasi tersebut, informasi mengenai berapa banyak pesan yang kamu terima dan kirimkan pada pelanggan. Caranya, masih pada menu Settings, lalu tap menu Statistic.

4. Membuat Away Message

Away Message terkadang digunakan sebagai pembantu pelaku bisnis agar tetap terhubung ke konsumen saat mereka tidak sedang di tempat ataupun layanan sedang tutup. Fitur ini memberikan jawaban otomatis saat seorang pelanggan mengirimkan pesan.
Tap menu Settings –> Business Settings –> Away Message, lalu beri tanda centang guna mengaktifkan fitur ini, dan mengedit pesan default yang telah ada, silahkan menggunakan kalimat versi kamu. Setelah selesai, tap Save guna menyimpan perubahan.

5. Cara Buat Greeting Message

Greeting Message membantu pengelola bisnis sebagai menjalin komunikasi yang lebih baik konsumen. Fitur ini terkirim secara otomatis pada pelanggan yang menghubungi kamu setelah 14 hari tanpa komunikasi.
Untuk mengaktifkan fitur tersebut, bukalah menu Settings –> Business Settings –> Greeting Message. Posisikan tombol On, kemudian edit kata sambutan menurut kamu paling ramah dan buat pelanggan merasa dihormati. Jangan lupa untuk tap tombol Save menyimpan perubahan.

6. Cara Buat Jawaban Cepat (Quick Replies)

Berikutnya, WhatsApp Business kamu juga dapat membuat jawaban cepat yang dipicu menggunakan kata kunci tertentu. Dengan cara ini, kamu dapat menghemat waktu sebab tidak harus mengetik satu/ dua kalimat penuh dari awal.

Caranya:

  1. Membuka menu Settings –> Business Settings –> Quick Replies.
  2. Defaultnya terdapat satu quick replies yang telah dibuat, yaitu thanks dengan berisi ucapan terima kasih. Kamu bisa menambahkan quick replies lain, lalu kita contohkan quick replies sebagai permintaan maaf.
  3. Tap ikon plus dibagian kanan bawah, lalu ketik pesan permintaan maaf yang sangat sopan, dan shortcut pilihan kamu.
  4. Terakhir tap tombol Save. Setiap kali kamu mengetikkan kata kunci maaf, maka aplikasi secara otomatis mengirimkan pesan permintaan maaf menggunakan versi penuh yang sudah kamu ketikkan sebelumnya.

7. Mengaktifkan Fitur Enkripsi

Secara default, pesan dan juga panggilan di WhatsApp Business terlindung oleh prosedur enkripsi end-to-end. Tetapi dengan satu langkah tambahan, kamu dapat mengetahui perubahan kode pada kontak yang menghubungi kamu.

8. Mengaktifkan Keamanan dengan Dua Langkah (Two-step Verification)

WhatsApp Business menerapkan sistem keamanan dengan dua langkah bila diinginkan.
Caranya :

  1. buka menu Settings –> Account –> Two-step Verification.
  2. Selanjutnya, tap Enable lalu masukkan 6 digit angka secara acak yang nanti digunakan untuk PIN verifikasi. Ulangi kodenya yang sama saat diminta.
  3. Tap Next dan kali ini kamu masukkan alamat email sebanyak dua kali, selesai.
  4. Tap Done, kemudian akan muncul panel baru yang mana kamu bisa menon-aktifkan fitur ini dengan mengganti PIN atau email.

9. Cara Buat Pesan Broadcast di WhatsApp Business

Pesan broadcast adalah salah satu media yang umum digunakan dalam menawarkan produk baru, harga promo, lalu program paket dan lain sebagainya. Sehingga, fitur ini semestinya maksimalkan sebagai pendorong angka penjualan.

Caranya:

  1. Tap tombol menu utama New Broadcast.
  2. Tandai kontak yang ingin kamu masukkan ke daftar penerima pesan broadcast tersebut, lalu tap ikon centang berwarna hijau.
  3. Selesai, kumpulan kontak dari penerima broadcast yang sudah dibuat, kamu tinggal mengirimkan isi penawaran pada mereka. Seluruh kontak dalam posisi online, akan menerima pesan yang sama juga.

10. Cara Hapus Akun WhatsApp Business

Terakhir, dengan alasan tertentu kamu juga bisa menghapus akun WhatsApp Business.
Caranya hampir sama dengan akun personal:

  1. Bukalah menu Setting –> Account –> Delete my Account.
  2. Masukkan nomor ponsel yang kamu gunakan saat mendaftar akun, kemudian tap Delete my Account.

Nah, demikian tadi mengenai tips menggunakan akun bisnis WhatsApp yang dapat kamu coba praktikkan. Secara umum, terdapat banyak sekali fitur yang mirip versi personal, kecuali menu Business Settings. Jadi, sebaiknya yang sudah terbiasa menggunakan WhatsApp tidak akan menemukan banyak kesulitan.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *