Teks Iklan – Pengertian, Struktur, Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Teks Iklan – Pengertian, Struktur, Dan Contohnya Lengkap

Teks Iklan – Hampir setiap hari kita menemui iklan, yang menawarkan barang/jasa melalui berbagai media yang ada misalnya  televisi, radio, internet, koran, maupun media lain. Tujuannya yaitu supaya orang lain membeli atau menikmati barang/jasa tersebut, sehingga jenis teks iklan harus memiliki struktur serta kaidah kebahasaan yang benar. Berikut ini penjelasan lengkap dari teks iklan.

Teks Iklan

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan merupakan salah satu media promosi yang efektif dalam mempromosikan barang/jasa pada masyarakat yang dibuat dengan semenarik mungkin, yang tujuannya supaya masyarakat tertarik dalam mengenali, membeli, atau menikmati barang/jasa tersebut.

Iklan bisa disampaikan dengan melalui berbagai media seperti media cetak (koran, majalah, dll), maupun elektronik (radio, internet, televisi,  dll). Bahkan iklan dapat berbentuk brosur, spanduk, dan poster, yang tujuannya yaitu untuk menarik perhatian masyarakat sehingga menjadi teks iklan yang persuasif.

Iklan tak selamanya tentang hal yang komersil tapi bisa juga yang berisi layanan masyarakat yang dibuat oleh instansi pemerintah atau swasta, yang mendukung program yang dilaksanakan.

Syarat-syarat iklan diantaranya sebagai berikut :

  • Sesuai fakta (jujur) dan objektif
  • Singkat, jelas, padat, mudah dipahami
  • Tidak menyinggung pihak lain
  • Tepat sasaran
  • Kata-kata sopan, menarik, logis

Struktur Teks Iklan

Dalam membuat teks iklan yang menarik perhatian masyarakat, iklan harus dibuat dengan struktur seperti berikut ini :

  1. Adalah bagian yang diletakkan di bagian paling atas dan bisa dilihat pertama kali oleh orang, walaupun tak semua iklan yang mencantumkan judul.
  2. Nama Produk/Jasa. Merupakan bagian yang isinya adalah tentang nama produk/jasa yang akan ditawarkan.
  3. Deskripsi. Adalah bagian yang menjelaskan produk/jasa yang ditawarkan pada masyarakat yang ditulis dengan menarik dan cara mendapatkan produk tersebut, serta alamat atau nomor yang dapat dihubungi.

Fungsi

Fungsi dari iklan diantaranya yaitu :

  1. Sebagai upaya pendekatan / persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli)
  2. Sebagai informasi untuk menyampaikan produk baru
  3. Sebagai pengingat agar konsumen selalu menggunakan produk tersebut

Ciri iklan yang baik

Ciri-ciri iklan yang baik yaitu :

  1. Mempunyai sasaran yang jelas dengan cara menentukan target konsumen. Kemudian menentukan media pasang iklan serta menetapkan target konsumen yang tergantung pada harga, distribusi dan juga kualitas.
  2. Mempunyai focus dan hal yang ingin diberitahu dari produk/jasa yang diiklankan.
  3. Mempunyai daya Tarik tertentu sehingga konsumen yang dibidik dapat berhenti dan memerhatikan isi iklan. Selain kata yang memikat daya Tarik iklan juga bisa muncul karena desainnya yang menarik.
  4. Menyajikan iklan dengan sebagus dan semenarik mungkin.
  5. Komunikasi iklan.
  6. Pengirim iklan. Yaitu produsen atau di dalam bisnis periklanan dapat diwakili oleh biro iklan.
  7. Isi iklan. Yaitu iklan headline yang tak lebih dari 10 kata dan diharapkan konsumen dapat banyak informasi mengenai produk/jasa.
  8. Media tempat iklan disajikan. Misalnya di media cetak atau sosial.
  9. Penerima iklan konsumen yang dibidik oleh produk barang/jasa yang kita miliki.
  10. Memilih slogan yang padat yang tetap berisi yang menjadi headline dari sebuah produk/jasa kit.

Kaidah Kebahasaan

1. Menggunakan slogan

Slogan adalah kalimat yang mudah diingat, menarik dan juga mencolok. Biasanya slogan berupa susunan kata tertentu yang memberi penjelasan dengan singkat pada sebuah produk barang/jasa sehingga mudah untuk diingat.

Contohnya :

  • Merdeka atau mati
  • Say no to drugs

2. Kalimat Persuasif

Kalimat ini bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembaca supaya menerima gagasan penulis pada suatu hal. Ada beberapa kalimat persuasif di teks iklan tersebut.

3. Memakai Subjek Ornag Pertama

Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama atau tunggal/jamak misalnya aku, saya, dan kami, untuk mengganti instansi pemasang iklan. Subjek yang digunakan pada teks iklan adalah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

Contoh Teks Iklan

Teks Iklan

Demikian uraian lengkap mengenai teks iklan yang meliputi pengertian, struktur, kaidah kebahasaan dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang tepat bagi anda yang sedang mempelajari teks iklan.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *