Pengertian Media Komunikasi – Teori, Fungsi, Jenis, Karakteristik Dan Bentuknya Lengkap
Media Komunikasi – Adalah sarana/alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator pada publik. Media yang mendominasi di dalam berkomunikasi adalah panca indera manusia seperti telinga serta mata.
Media juga merupakan jendela yang sangat mungkin untuk dapat melihat lingkungan yang lebih jauh, menjadi tafsiran yang dapat membentuk dan memahami pengalaman, sebagai landasan penyampai informasi, sebagai komunikasi interaktif yang mencakup pendapat audien, suatu pemberi tanda intruksi atau petunjuk, sebagai penyaring atau pembagi pengalaman dan fokus terhaap orang lain, cermin yang memberikan refleksi diri dan penghalang yang menutup kebenaran.
Media komunikasi adalah suatu sarana yang dipakai untuk memproduksi, reproduksi, mengolah dan mendistribusikan dalam penyampaian suatu informasi. Media komunikasi juga memiliki peran yang penting dalam hidup masyarakat.
Sederhananya, media komunikasi merupakan perantara di dalam penyampaian suatu informasi dari komunikator pada komunikan. Yang bertujuan agar efisien dalam menyebarkan informasi/pesan.
Teori Media
Ada beberapa teori dalam media, yang antara lain yaitu :
Teori Semiotik Pesan
Media mempunyai daya tarik dari sudut pandang semiotik atas campuran simbol yang diatur dengan spasial dan kronologis, dalam membuat suatu pesan, kesan serta menyampaikan gagasan dalam menunjukkan makna dari publik.
Teori Sosiokultural Pesan
Media yang disajikan di dalam sosialisasi dan kulturisasi serta penempatan makna yang bisa menimbulkan sebuah argumentasi publik pada media, agar bisa memberi informasi yang berkarakter serta tak menimbulkan SARA.
Teori Sosiopsikologis
Teori yang mencampurkan sosial dengan pesikologis dari audien yang menikmati sebuah media. Bila status sosial digabungkan di dalam psikologis dari audien dapat dicontoh menjadi sebuah konten atau isi acara yang bersifat segmented/segmentasi acara.
Teori Sibernitika
Pengaruh dari pendapat publik dari isi media adalah fenomena yang membuat tertarik atau bisa disebut dengan teori spiral ketenangan, yang menggambarkan bahwa komunikasi interpersonal dan media berjalan bersama di dalam perkembangan pendapat di masyarakat.
Teori Kritis
Implikasi budaya yang lebih luas lagi di dalam sebagian teori kritis disebutkan bahwa banyak ideologi/paham dari pemilik media, yang seharusnya dapat dikritik oleh publik supaya tak ada keberpihakan di dalam menyampaikan informasi.
Fungsi Media Komunikasi
1. Fungsi Media Komunikasi Menurut Marshall Mc Luhan
- Efektifitas
Media komunikas akan menjadikanmudah kelancaran dalam menyampaikan informasi - Efisiensi
Media komunikasi akan menjadikan cepat penyampaian dalam suatu informasi - Konkrit
Media komunikasi akan membantu mempercepat konten pesan yang mempunyai sifat abstrak - Motivatif
Media komunikasi akan lebih atraktif dan memberikan suatu informasi yang bisa dipertanggungjawabkan
2. Fungsi Media Komunikasi Menurut Burgon Dan Huffner
- Efisiensi Penyebaran Informasi
Penghematan dari segi biaya, tenaga, pemikiran dan waktu - Memperkuat Eksistensi Informasi
Media komunikasi yang hi-tech bisa membuat informasi maupun pesan lebih memiliki kesan kepada komunikan - Menghibur
Media komunikasi bisa membuat senang dan lebih menarik untuk audien - Kontrol Sosial
Media komunikasi adalah pengawasan dalam suatu kebijakan sosial
Jenis-Jenis Media Komunikasi Menurut Fungsi Media
- Fungsi Produksi
Mempunyai kegunaan agar menghasilkan informasi.
- Fungsi Reproduksi
Mempunyai kegunaan untuk dapat memproduksi ulang serta memperbanyak/menggandakan informasi.
- Fungsi Penyampai Informasi
Fungsinya adalah untuk dapat mengkomunikasikan serta menyebarluaskan pesan pada komunikan yang menjadi sasaran informasi.
Karakteristik Media Komunikasi
1. Karakteristik Dalam Media Intra Personal
Pikiran merupakan umpan balik yang diperoleh dari pribadi seseorang dan hanya berputar di dalam diri sendiri, arus pesan yang disampaikan menjadi persepsi yang memusat, efek yang dihasilkan di dalam karakteristik intrapersonal adalah sikap serta perilaku.
2. Karakteristik Inter Personal
Seluruh panca indera berguna untuk menjadi umpan balik dari sebuah informasi yang disampaikan, dengan cara kode tertulis, lisan, isyarat dan juga arus pesan dua arah dan mempunyai efek pada sikap yang tinggi serta rendah pada kognitif.
3. Karakteristik Media Massa
Bersifat lembaga, satu arah, meluas dan bersamana dan juga menggunakan peralatan teknis atau mekanis yang bersifat terbuka.
4. Karakteristik Media Publik
Diperoleh oleh seluruh indera baik lisan atau isyarat arus pesan yang disampaikan, bisa satu atau dua arah banyak dan juga terbatas serta memiliki efek yang tinggi pada perilaku, tapi demikian rendah pada kognitif.
Bentuk Media Komunikasi
- Media Cetak
Adalah seluruh jenis barang/media komunikasi yang dapat dilaksanakan dengan proses percetakan serta dapat digunakan sebagai sarana penyampai pesan atau informasi. Misalnya: Surat kabar, buku, brosur, majalah dan buletin
- Media Visual atau Media Pandang
Penerimaan pesan yang disampaikan dengan melalui panca indera dan bisa dilihat. Misalnya: gambar dan foto - Media Audio
Penerimaan pesan yang disampaikan dengan melalui indera pendengaran. Misalnya: Radio dan tape recorder - Media Audio Visual Aid (AVA)
Media komunikasi yang bisa dilihat dan juga bisa didengar untuk memperoleh informasi secara bersamaan. Misalnya: Televisi, Laptop
Itulah uraian tentang media komunikasi yang disertai dengan pengertian, teori, fungsi, jenis, karakteristik dan juga bentuknya secara lengkap. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua, dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda.
Baca Juga :