Frontliner – Pengertian, Tugas, Jenis Jabatan, Dan Syaratnya Lengkap

Posted on

Frontliner – Pengertian, Tugas, Jenis Jabatan, Dan Syaratnya Lengkap

Frontliner – Frontliner adalah kategori pekerjaan di dalam sebuah perusahaan yang biasanya pekerjaan itu diperoleh dalam perusahaan perbankan dan jasa lainnya. Tugas frontliner secara umum adalah untuk melayani para customer secara langsung.

Frontliner

Tugas Frontliner

Adalah untuk memberi informasi dengan jelas kepada setiap pelanggan. Seorang frontliner juga harus memiliki penampilan yang menarik dan sopan, karena akan mencerminkan citra dalam perusahaan tersebut dimana seorang frontliner tersebut bekerja.

Seorang frontliner juga harus mempunyai perilaku seperti berikut yaitu harus senyum tulus, wajah hangat dan juga penuh semangat, menganggap kepada pelanggan sebagai orang penting, selalu medengarkan suatu kebutuhan pelanggan, selalu menyebut nama dari pelanggan, mempunyai bahasa tubuh yang baik, mempunyai product knowledge yang baik, dan terakhir memiliki penamilan rapi.

Jenis Jabatan Frontliner

Ada beberapa jenis jabatan pada frontliner tersebut, diantaranya :

Customer Service

Adalah suatu aktivitas yang mempunyai tujuan dalam memberi pelayanan atau service kepada klien, konsumen, nasabah dan lain – lainnya. Untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialami dengan tetap menjaga kenyamanan, dan juga kepuasan. Pelayanan yang bisa diberikan oleh customer service adalah dengan menerima keluhan, dan masalah dari konsumen atau nasabah serta memberi sebuah solusi atau jalan keluar dari masalah tersebut.

Tugas dan Fungsi Dari Customer Service

Seorang customer service harus pandai dan mengerti dalam memecahkan masalah, atau dengan cara yang lainnya dalam mencari jalan keluar dalam menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi oleh konsumen/nasabah. Tugas lainnya adalah memberi sebuah pelayanan yang baik dalam menjaga hubungan baik dengan nasabah, klien, atau pelanggan.

Fungsi dari CS yaitu :

  • Sebagai penerima tamu
  • Komunikator. Dalam cara memberi informasi dan juga kemudahan kepada nasabah yang memerlukan penjelasan.
  • Memberi informasi produk Bank.
  • Melayani pembukuan dan penutupan rekening nasabah.
  • Handling complaint. Yaitu melayani setiap bentuk komplain dari nasabah pada setiap masalah yang ada.
  • Melayani nasabah dalam hal pelayanan jasa produk seperti transfer, inkaso, pemindahan buku tabungan, dan lain – lain.
  • Melaksanakan tugas yang diberi oleh atasan.

Teller

Adalah salah satu petugas bank yang tugas dari pekerjaan sehari-harinya adalah melayani nasabah, untuk semua transaksi keuangan perbankan oleh nasabah. Misalnya menabung, transfer, dan berbagai jenis transaksi lainnya. Tugasnya secara umum adalah membantu, menangani dan memberikan solusi untuk semua nasabah yang ingin melakukan transaksi perbankan dan memberi sebuah jasa layanan uang tunai maupun non tunai.

Tugas dan Fungsi Teller

Teller memiliki tugas yaitu memberi pelayanan perbankan bagi nasabah dan calon nasabah di sebuah bank. Fungsinya menjadi sangat krusial, karena setiap harinya mereka langsung berhadalan dengan nasabah. Yang dimana menuntut seorang teller untuk berpenampilan sempurna setiap saat, untuk memberi pelayanan yang terbaik kepada nasabahnya. Berikut tugas lainnya dari teller :

  • Wajib datang tepat waktu sesuai dengan jam masuk, dan pastikan seluruh perlengkapan berfungsi dengan baik. Misalnya alat hitung, komputer dan perlengkapan yang lainnya.
  • Bersikap rama pada setiap nasabah, selalu memberi salam dan memberi ucapan terima kasih saat tugasnya sudah selesai.
  • Menjaga penampilan sesuai dengan standar bank misalnya dalam cara berpakaian, rambut rapi, dan menggunakan ID card Bank dan lain sebagainya.
  • Setiap melakukan setor atau tarik tunai teller juga wajib melakukan perhitungan uang nasabah tersebut.
  • Melakukan transaksi pembayaran tunai atau non tunai, kepada setiap nasabah yang bertransaksi dan melakukan update data transaksi di sistem komputer.
  • Memiliki tanggung jawab atas kesesuaian antara jumlah kas dengan yang diperoleh.

Kedua posisi jabatan tersebut di atas adalah bagian dari frontliner karena fungsinya adalah menjadi garda depan, dari perbankan atau pelayanan jasa keuangan yang berkaitan langsung dengan nasabah/calon nasabah. Seorang frontliner juga wajib memberi kesan yang baik setiap waktu. Dan dituntut untuk memberi kesan terbaik bagi pelanggannya, memiliki kemampuan yang inovatif terhadap nasabah, berpenampilan menarik, dapat bekerjasama dengan tim atau bekerja sendiri, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan jelas.

Syarat Menjadi Frontliner

  • Menarik dari segi wajah dan penampilan.
  • Memiliki tinggi dan berat yang profesional.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Memiliki selera humor yang baik dan rasa ingin tahu yang tinggi.
  • Energik dan cekatan dalam bekerja.
  • Mampu mengendalikan diri.
  • Tidak mudah terpancing emosi dan berkata kasar bila ada pelanggan yang kurang mengenakkan bagi nasabah.
  • Memiliki jiwa sosial yang tinggi.
  • Bijaksana.
  • Memiliki budi pekerti yang tinggi.
  • Pandai bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungan.
  • Mampu bekerjasama dan berkomitmen dengan beragam pihak.

Demikian ulasan mengenai frontliner yang dilengkapi dengan tugas, jenis jabatan dan syaratnya lengkap. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda, serta memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *