Delegasi – Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat, Dan Jenisnya Lengkap

Posted on

Delegasi – Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat, Dan Jenisnya Lengkap

Delegasi Adalah – Pada umumnya pengertian delegasi adalah seseorang yang ditunjuk sebagai perwakilan/utusan dalam mewakili suatu kelompok atau lembaga tertentu. Di dalam organisasi pendelegasian bisa diberikan kepada bawahannya secara langsung. Atau pihak lainnya yang tingkatannya lebih rendah.

Delegasi

Pendapat lainnya dari pengertian delegasi adalah suatu tindakan yang melimpahkan sebagian wewenang dan tanggung jawabnya, pada pihak lainnya dalam melaksanakan kegiatan tertentu yang dimana pihak yang berwenang harus mempertanggungjawabkan kepada pihak yang melimpahkan wewenang tersebut.

Pelimpahan wewenang dan tanggung jawab pada pihak lainnya adalah proses yang mendasar dalam setiap organisasi. Tujuan memberikan atau melimpahkan wewenang dan tanggung jawab pada orang lain adalah supaya proses pengambilan keputusan dan menjalankan fungsinya dalam organisasi, bisa berjalan dengan baik.

Pengertian Delegasi Menurut Para Ahli

  1. Pengertian delegasi menurut Charles J. Keating adalah pemberian suatu tanggung jawab dan kewibawaan pada orang lain.
  2. Pengertian delegasi menurut Utje Slamet dalam bukunya yang berjudul Dasar-Dasar Pemasaran adalah, pelimpahan wewenang dan tanggung jawab formal pada orang lain dalam melaksanakan suatu kegiatan.
  3. Pengertian delegasi menurut Rusli Jacob adalah pemberian otorisasi atau kekuasaan formal dan tanggung jawab, dalam melaksanakan kegiatan tertentu pada orang lain. Pelimpahan otoritas oleh atasan pada bawahan dibutuhkan supaya organisasi bisa berfungsi dengan efisien, dan karena tak ada atasan yang bisa mengawasi dengan cara efisien dan pribadi pada setiap tugas organisasi.
  4. Pengertian delegasi menurut KBBI adalah seseorang yang ditunjuk dan diutus oleh suatu perkumpulan atau negara di dalam perundingan musyawarah, perutusan, penyerahan atau pelimpahan kewenangan dari atasan pada bawahannya di dalam lingkungan tugas tertentu dengan kewajiban mempertanggungjawabkan pada yang menugasi.

Unsur Delegasi

Di dalam proses pendelegasian ini ada beberapa unsur yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Diantaranya yaitu :

  1. Tugas (Responsibility). Adalah seluruh pekerjaan yang nantinya harus dilaksanakan oleh seseorang yang menerima wewenang dan tanggung jawab. Dalam organisasi pemberian wewenang ini dilakukan oleh atasan pada bawahannya secara langsung, atau unit kerja yang tingkatannya lebih rendah.
  2. Kekuasaan (Authority). Adalah wewenang atau hak yang diperoleh seseorang dalam mengambil keputusan, yang berhubungan dengan fungsinya. Yang dalam hal ini kekuasaan itu sah dan legal dalam memberi perintah, bertindak suatu hal, supaya pekerjaan bisa cepat diselesaikan.
  3. Pertanggungjawaban (Accountability). Adalah kewajiban seseorang yang diberi wewenang dalam mengelola kegiatannya, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan mengungkapkan hasil pekerjaannya dengan transparan.

Tujuan dan Manfaat Delegasi

Ada beberapa tujuan serta manfaat yang ingin dicapai dalam pendelegasian. Mengacu pada pengertian delegasi, tujuan dan manfaat delegasi ini antara lain :

  1. Supaya organisasi bisa berjalan dengan  baik, efektif, dan efisien.
  2. Memungkinkan atasan bisa memusatkan perhatian pada hal lain yang lebih prioritas sehingga organisasi bisa berjalan dengan maksimal.
  3. Untuk membantu atasan dalam menilai serta mengambil keputusan yang tepat.
  4. Supaya semua pihak dalam organisasi bisa berperan dengan maksimal sesuai dengan kemampuan.
  5. Mendorong semua pihak di dalam organisasi yang berorientasi pada target dan kualitas yang ingin dicapai.
  6. Memungkinkan bawahan yang berprestasi untuk tumbuh dan berkembang dalam karir, dan sebagai bahan informasi untuk belajar dari keberhasilan atau kesalahan.

Jenis-Jenis Delegasi

Pada umumnya kegiatan pendelegasian bisa dibedakan dalam dua jenis. Diantaranya yaitu :

Pendelegasian Seluruh

Adalah pendelegasian yang berprinsip pada metode yaitu segala sesuatu yang dilakukan dengan rinci dan detail, sesuai dengan tahapan dalam cara melakukannya. Biasanya seorang manajer sering melakukan pendelegasian dengan cara ini. Pendelegasian seluruh akan meminimalisir kesalahan karena tidak akan keluar dari jalur, sehingga bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Tetapi pendelegasian ini mempunyai kelemahan yaitu akan kurang melatih critical thinking si bawahan saat mereka melakukan kesalahan. Hal itu akan membuat bawahan merasa kurang bertanggung jawab pada hasil yang dicapai.

Pendelegasian Pengurusan

Bila pendelegasian berfokus kepada metode, maka lain halnya dengan pendelegasian pengurusan yang fokus pada hasilnya. Kelebihan dari pendelegasian ini adalah membuat bawahan menjadi lebih bertanggung jawab dalam hasil dengan memberi pilihan metode.

Seorang atasan harus memberi kepercayaan penuh pada bawahannya saat memberi pendelegasian jenis ini, karena kepercayaan itu adalah titik tertinggi dari sebuah motivasi. Dengan kepercayaan itu bawahan akan menghasilkan yang terbaik. Bila pendelegasian pengurusan dilaksanakan dengan baik, maka kedua pihak akan mendapat keuntungan dan akan banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan singkat.

Itulah uraian lengkap tentang pengertian delegasi, serta  unsur, tujuan, manfaat dan jenisnya. Semoga artikel ini dapat dipahami dengan baik dan menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *