Ciri Yang Melekat Dan Dimiliki Oleh Media Pembelajaran Lengkap

Posted on

Ciri Yang Melekat Dan Dimiliki Oleh Media Pembelajaran Lengkap

Ciri-Ciri Media Pembelajaran – Penggunaan media dalam hal pembelajaran tentunya sudah banyak membantu para guru, dalam mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Media pembelajaran ini juga mampu mendukung, penyampaian materi pelajaran yang ingin disampaikan. Perkembangan teknologi zaman sekarang yang semakin pesat, ikut memengaruhi perkembangan dalam media pembelajaran. Ada banyak media pembelajaran yang baru yang tercipta karena perkembangan teknologi tersebut. dengan peran aktif para siswa dalam menggunakan media pembelajaran tersebut, juga mampu mengurangi peran atau porsi guru dalam pembelajaran. Sehingga para peserta didik bisa lebih mampu dalam memahami pembelajaran yang dilakukan tersebut. semakin banyak media pembelajaran yang tercipta, maka akan semakin pula bagi para guru dan semakin banyak mendapat pilihan dalam memilih dan juga menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran yang ada.

Ciri Yang Melekat Dan Dimiliki Oleh Media Pembelajaran

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan media pembelajaran tersebut. fungsi utama dari sebuah media pembelajaran, adalah untuk membantu para guru dalam menyampaikan materi. Sehingga para murid mampu menerima dan juga memahami materi yang disampaikan dengan mudah. Disamping itu ada banyak juga manfaat lainnya, seperti yang telah diyakini bahwa penggunaan media pembelajaran tersebut mampu membangkitkan minat dan juga motivasi belajar untuk para siswa. Sehingga siswa mau belajar lebih giat lagi, dan mampu cepat dalam mencapai tujuan belajar tersebut.

Apalagi ada beberapa media pembelajaran yang dirancang dengan cara interaktif dan menarik, yang mampu membuat siswa aktif terlibat secara langsung dalam pembelajaran. Kreatifitas siswa pun akan semakin meningkat dengan keterampilan, dan menggunakan beragam media pembelajaran yang bervariasi.

Jika dilihat dari fungsi, tujuan dan manfaatnya media pembelajaran ini memiliki beberapa ciri atau peran khusus. Gerach dan Elly dalam Azhar (2013: 15) menyebutkan bahwa terdapat 3 ciri utama yang dimiliki media pembelajaran. Ciri dari media pembelajaran ini tidak mungkin dimiliki oleh guru sebagai pengajar. Ciri tersebut diantaranya yaitu :

1. Ciri Fiksatif (Fixative Property)

Ciri ini menggambarkan kemampuan media dalam merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekontruksi suatu peristiwa tertentu atau objek. Peristiwa ini bisa disusun dan diurutkan kembali dengan beberapa media seperti misalnya fotografi, video tape, audio tape, disket komputer, dan film. Objek yang sudah diambil gambarnya atau direkam dengan kamera, dapat direproduksi dengan mudah kapan saja apabila dibutuhkan. Ciri dari fiksatif ini memungkinkan suatu rekaman yang terjadi di satu waktu, dan dapat ditransportasikan tanpa mengenal waktu. Dengan kemampuan tersebut maka objek atau fenomena yang telah direkam dan direproduksi, akan menjadi media pembelajaran yang bisa digunakan dan diproduksi ulang kapan saja. Dengan perkembangan teknologi yang ada, maka pengembangan dan produksi ulang bisa dilakukan dengan mudah dan lebih cepat.

2. Ciri Manipulatif (Manipulative Property)

Transformasi dari suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena produk dari media pembelajaran mempunyai ciri manipulatif. Fenomena yang membutuhkan waktu yang lama, bahkan berhari-hari dan berjuta-juta tahun lamanya bisa disajikan dengan media pembelajaran yang lebih singkat sekitar 2-3 menit saja. Tetapi tidak akan menghilangkan esensi utama dari apa yang telah disajikan, sehingga para peserta didik masih mampu memahami fenomena yang dimaksud dengan teknologi time lapse. Terlebih lagi pengaturan kecepatan penayangannya bisa dikendalikan dengan mudah, dan bisa diputar ulang dan diputar secara berlawanan. Yang harus diperhatikan adalah ada banyak bagian yang terpotong karena penyingkatan itu, yang dimana proses atau bagian yang penting tetap harus ada dan tersusun dengan baik. Sehingga hal itu tidak akan menyebabkan salah tafsir.

3. Ciri Distributif (Distributive Property)

Ciri distributif yang ada pada media pembelajaran, akan memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui suatu ruang secara bersamaan. Dan disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama. Distribusi pada media pembelajaran ini tidak hanya ada di dalam satu kelas saja, tetapi juga pada kelas yang lainnya. Sekolah dan juga secara global. Apalagi dengan adanya sistem pembelajaran online saat ini, distribusi dan penggunaan media pembelajaran bisa dilakukan dengan cara massive atau global di seluruh dunia. Bahkan hampir tidak adanya delay atau penundaan. Ciri tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya media pembelajaran tidak akan mengenal keterbatasan ruang, tetapi dalam penggunaannya harus tetap diperhatikan siapa dan sebesar apa kelompok peserta didik yang akan menggunakannya. Sehingga ciri dari distributif ini bisa diterapkan dengan tepat.

Namun tidak semua media pembelajaran memiliki tiga ciri yang tersebut di atas, kebutuhan akan materi pembelajaran juga tidak selalu membutuhkan media pembelajaran yang mempunyai ketiga ciri tersebut. oleh karena itu penyesuaian dan juga pemilihan dalam media pembelajaran harus tepat, dengan materi pelajaran dan harus memerhatikan prinsip, kriteria, dan hal penting lainnya dalam memilih media pembelajaran yang sesuai untuk sebuah materi pelajaran yang ada. Guru juga harus mampu dan terampil, dalam memilih media pembelajaran mana yang bisa diterapkan untuk setiap proses pembelajaran yang akan dilakukan. Jangan sampai keberadaan dan penggunaan media pembelajaran tersebut menghambat pembelajaran itu sendiri, karena guru salah memilih media pembelajaran yang tepat.

Sekian pembahasan mengenai ciri-ciri media pembelajaran yang berpengaruh pada metode pengajaran pendidik pada umumnya. Semoga memberi manfaat dan menambah wawasan anda.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *