Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Posted on

Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Kartu prakerja adalah salah satu program pemerintah yang diberikan kepada sebagian besar masyarakat yang terdampak pandemi. Semua orang yang memiliki kualifikasi harus memahami cara daftar kartu prakerja online. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan bantuan dengan lebih mudah.

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah tidak akan sama antara penerima bantuan ini dengan yang lain. Apabila prakerja, bantuan yang diberikan adalah kursus dari lembaga yang sudah bekerja sama. Selanjutnya apabila sudah selesai akan mendapatkan bantuan dalam bentuk uang tunai selama beberapa bulan.

Intinya bantuan ini diberikan untuk persiapan mereka yang belum mendapatkan pekerjaan. Apalagi selama pandemi ini akan banyak sekali orang yang di PHK dan membutuhkan kemampuan baru untuk dipelajari. Informasi lebih lanjut tentang cara daftar kartu prakerja online bisa kamu simak dalam artikel ini.

Sekilas Tentang Kartu Prakerja

Kartu pra kerja adalah salah satu program pemerintah yang digunakan untuk mempersiapkan SDM. Sebelum pada akhirnya muncul program ini sebenarnya sudah dicanangkan dan digunakan untuk membantu mereka yang belum memiliki pekerjaan.

Harapannya setelah mendapatkan bantuan ini seseorang bisa memiliki skill atau kemampuan baru. Nantinya kemampuan itu bisa digunakan untuk mencari pekerjaan. Bahkan kemampuan itu bisa juga digunakan untuk membuat lapangan pekerjaan sendiri.

Pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk kursus dengan bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan. Bantuan yang diberikan adalah kursus dengan nominal sekitar Rp1.000.000. selanjutnya juga ada bantuan tunai sebesar Rp600.000 selama 4 kali setelah kursus selesai.

Untuk melakukan survei ke tempat kerja juga akan diberi tambahan sekitar Rp150.000. apabila ditotal seseorang akan mendapatkan bantuan sekitar Rp3.550.000. dengan bantuan yang cukup banyak ini diharapkan seseorang akan memiliki kemampuan yang baik dan bermanfaat untuk mencari pekerjaan.

Baca Juga :  1750+ Akun FF Sultan Gratis Full Skin Terbaru 2021 "100% ASLI"

sayangnya program ini tidak diberikan kepada semua orang dan hanya beberapa orang yang terpilih atau beruntung saja. Hal ini dilakukan karena butuh seleksi yang khusus sehingga penerima benar-benar orang yang sudah memiliki kualifikasi. Selain itu orang tersebut juga tidak pernah mendapatkan bantuan sebelumnya.

Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Apabila kamu ingin mencoba melakukan pendaftaran, tidak ada salahnya untuk menyimak cara daftar kartu prakerja online di bawah ini.

  • Pastikan terlebih dahulu Jika kamu sudah memiliki KTP.
  • Selanjutnya bisa langsung membuka website dari kartu pra kerja.
  • Apabila masih baru pertama kali, kamu bisa melakukan register atau daftar.
  • Selanjutnya isi semua datayang dibutuhkan.
  • Setelah selesai kamu bisa melakukan tesyang disediakan oleh kartu pra kerja.
  • Ikuti semua tesnya dengan baik hingga selesai.
  • Setelah itu apabila ada gelombang pembukaan kamu bisa melakukan pendaftaran.
  • Sampai sini kamu sudah berhasil melakukan pendaftaran dan hanya menunggu apakah pendaftaran disetujui atau tidak.
  • Jika disetujui biasanya akan muncul pada dasbor.

Mengapa Tidak Diterima?

Ada beberapa alasan mengapa cara daftar kartu prakerja online selalu berakhir dengan kegagalan. Biasanya beberapa hal di bawah ini adalah penyebab utamanya.

1. Gagal Seleksi Provinsi

Penyebab kegagalan pertama adalah gagalnya seleksi yang dilakukan pada provinsi masing-masing. Kegagalan ini terjadi karena tidak lulus seleksi dan kuota yang ada di dalam provinsi tersebut sudah terpenuhi. Jadi terpaksa gagal dan harus mengulang lagi bulan depan.

Kakaknya seleksi ini terjadi karena banyak sekali faktor dan tidak semua orang mengetahui. Banyak yang bilang jika faktor keberuntungan juga menentukan apakah seseorang akhirnya menerima bantuan kartu pra kerja atau tidak.

Apabila nantinya tidak diterima di seleksi provinsi. Kamu masih bisa mendaftar lagi pada gelombang selanjutnya apabila masih ada. Jika sudah tidak ada, maka tidak bisa melakukan pendaftaran.

Baca Juga :  6 Cara Download Video Twitter Tanpa Aplikasi

2. Tes Awal yang Tidak Baik

Apabila kamu melakukan pendaftaran biasanya akan ada test awal dalam bentuk berbagai jenis pertanyaan. Kamu harus mengisinya dengan baik dan tidak boleh melakukan banyak sekali kesalahan. Hal ini sangat penting untuk melakukan proses seleksi.

Apabila kamu tidak lulus seleksi pada tahap ini atau memiliki nilai yang cukup rendah kemungkinan besar tidak akan lolos. Jadi akan sangat sulit untuk mendapatkan bantuan walaupun sudah mendaftar berkali-kali.

Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba pendaftaran di setiap gelombang. Karena kita tidak akan tahu apakah pendaftaran itu akan diterima atau tidak. Kalau kamu beruntung bisa saja langsung diterima meski memiliki nilai yang tidak cukup.

3. Usia Sudah Tidak Produktif

Kartu pra kerja diberikan untuk mereka yang ingin bekerja kembali setelah terkena masalah khususnya PHK selama pandemi. Itulah kenapa orang yang berkualifikasi harus memiliki usia produktif sehingga apa yang diberikan bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Apabila tidak memiliki usia produktif, akan sangat sulit untuk lolos seleksi karena dianggap tidak memiliki kualifikasi lagi. Jadi pastikan usia yang kamu miliki tidak terlalu muda ataupun tidak terlalu tua.

4. Anggota ASN atau TNI dan Polri

Anggota ASN dan TNI-Polri tidak bisa menerima bantuan. Itulah kenapa meski mendaftar hingga berkali-kali kemungkinan besar tidak akan lolos seleksi.

5. Menerima Bantuan Lain

Apabila kamu pernah menerima bantuan lain, kemungkinan besar tidak akan bisa menerima kartu prakerja. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah memiliki database yang sama sehingga jika sudah menerima satu bantuan yang lain akan digagalkan.

Sebagai contoh kamu sudah menerima bantuan dalam bentuk BST. Apabila mendaftar prakerja akan langsung digagalkan karena tidak bisa menerima bantuan ganda.

Baca Juga :  Cara Cek dan Mendapatkan Bantuan UMKM Tahap 2, 3, dan 4

Tips Menggunakan Prakerja

Tips Menggunakan Prakerja

Ada beberapa tips yang harus dilakukan apabila kamu sudah menerima bantuan kartu prakerja. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memilih Lokasi Kursus yang Tepat

Setelah menerima bantuan kartu pra kerja kamu harus memilih lokasi kursus yang tepat. Ada banyak sekali platform online yang menawarkan kursus dan menjalin kerjasama dengan pihak kartu pra kerja.

Apapun nanti yang akan kamu pilih pastikan yang bisa dibuka dengan mudah pada ponsel. Dengan begitu kamu bisa menyelesaikan semua khususnya dengan mudah dan mendapatkan sertifikat yang diinginkan.

2. Memilih Materi yang Diinginkan

Kamu bisa memilih materi yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Jika saat ini kamu menekuni bidang tertentu pastikan untuk memilih khusus yang berhubungan dengan itu.

Apabila ingin mencoba hal yang baru juga tidak masalah Selama masih berada di sekitar pekerjaan yang akan dilakukan. Dengan begitu kamu bisa menyelesaikannya dengan lebih mudah dan juga cepat.

3. Pastikan Menyelesaikan Semua Kursus

Pastikan untuk menyelesaikan semua kursus agar mendapatkan bantuan berupa uang tunai. Jika tidak diselesaikan Kamu tidak akan mendapatkan apa-apa.

Cara daftar kartu prakerja online sudah dibahas di atas. Hingga saat ini Pemerintah masih memberikan kesempatan bagi mereka yang belum pernah menerima bantuan untuk melakukan pendaftaran. Tetapi tidak ada jaminan jika mereka yang mendaftar akan langsung mendapatkan persetujuan.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pendaftaran terlebih. Masalah nanti diterima atau tidak bukan menjadi masalah. Yang paling penting sudah berusaha dan menggunakan semua peluang yang ada. Jadi sempatkan beberapa untuk melakukan pendaftaran. Jika tidak diterima Bisa diulangi di periode selanjutnya.