Humas – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Prinsip, Tugas, Manfaat Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Humas – Fungsi, Tujuan, Prinsip, Tugas, Manfaat Dan Contohnya Lengkap

Tujuan Humas – Humas atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Public Relations, merupakan praktik pengelola penyebaran informasi diantara individu atau organisasi serta masyarakat (wikipedia). Pengertian lainnya yaitu seni dalam menciptakan pengertian publik yang baik atau good will, sehingga dapat memperdalam tingkat kepercayaan publik pada individu/organisasi.

Humas

Definisi lainnya dari humas yaitu proses yang secara kontinyu dari usaha manajemen dalam mendapatkan kemauan baik dari pengertian pelanggan, pegawai dan publik yang lebih luas. Pada pekerjaannya humas melakukan analisis dan memperbaiki diri, dan juga menjadikannya pernyataan keluar.

Fungsi Humas

Fungsi humas atau hubungan masyarakat menurut Edward L. Bernays adalah :

  • Menyediakan penerangan/pemahaman kepada publik
  • Melaksanakan persuasi kepada publik untuk menjadikan sikap dan tingkah laku publik berubah.
  • Usaha untuk mempersatukan sikap dan perilaku lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyaraka atau sebaliknya.

Tujuan Humas

Tujuan humas diantaranya yaitu :

  • Meningkatkan partisipasi, dukungan, serta bantuan yang nyata dari masyarakat, baik dalam bentuk tenaga, sarana dan prasarana, ataupun dana demi kemudahan serta terlaksananya tujuan dari organisasi.
  • Membuat rangsangan serta menghidupkan kembali rasa tanggung jawab yang lebih besar, kepada masyarakat pada berlangsungnya program organisasi itu secara efektif dan juga efisien.
  • Menjadikan masyarakat ikut serta di dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.
  • Menegakkan serta mengembangkan citra yang menguntungkan bagi organisasi pada setiap pemimpin/stakeholdernya dengan sasaran yang terkait yaitu publik internal dan eksternal.
  • Membuka peluang menjadi lebih luas pada setiap pemakai produk/lulusan serta pihak yang terhubung dalam partisipasi meningkatkan mutu organisasi.

Prinsip Humas

Prinsip humas (hubungan masyarakat) antara lain sebagai berikut:

  • Hubungan masyarakat bekerja dengan dasar fakta bukan fiksi
  • Hubungan masyarakat adalah suatu perihal sosial, bukan perihal personal
  • Humas wajib merealisasikan program usaha dalam mencari dukungan masyarakat terhadap kebijaksanaan dan program lembaga yang diwakili.
  • Humas dilarang menipu atau membohongi media massa
  • Humas harus bisa menjadi komunikator yang berguna dalam artian yang benar.
  • Humas harus menjadikan landasan aktivitasnya kepada penelitian ilmiah pada bidang pendapat umum.
  • Humas dapat bekerja sama dengan para ahli dibidang lain.
  • Humas wajib menjelaskan masalah tentang krisis yang diterima lembaga yang diwakilinya.

Tugas Humas

Tugas dari humas (hubungan masyarakat) menurut Hadari Nawawi dan Martini Hadari (1994:193) adalah :

  • Membagikan dengan luas informasi tentang gagasan, agar maksud atau tujuan serta manfaatnya diketahui oleh berbagai pihak dalam masyarakat.
  • Menyiapkan bahan terkini mengenai pihak tertentu di dalam pidato, wawancara, ceramah, pemasaran seminar dan lain-lain. Bahan itu bisa berupa konsep/makalah yang sebelumnya telah dibaca dan diketahui isinya oleh pemimpin.
  • Menyerahkan informasi yang jelas yang sudah disampaikan oleh administrator/pemimpin, pada masyarakat atau pihak yang terhubung.
  • Membuat susunan dan menjadikan berkembangnya rencana yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat yang diberikan pada adminstrator/pemimpin dalam mendapatkan persetujuan.

Manfaat Humas

Manfaat hubungan masyarakat menurut Frank Jefkins (1998:333) adalah :

  • Manajemen Krisis

Di beberapa masa belakangan ini hampir seluruh organisasi pernah mendapat krisis sampai kalangan pemimpin, serta pihak manajemen mulai sadar bahwa mereka memerlukan kesiapan serta persiapan dalam mengatasi masalah yang mendesak yang utamanya berhubungan dengan hubungan pers. Sehingga setiap organisasi harus membentuk tim manajemen krisis yang permanen.

  • Penerbitan Dekstop

Sistem penerbitan dekstop sebenarnya sangat bermanfaat tetapi lebih memerlukan operator yang memiliki dedikasi serta waktu editor, dibanding metode editing konvensional yang masih menggunakan pensil, tumpukan kertas, dan juga logam pembentuk huruf.

  • Identitas Perusahaan

Tugas membuat identitas perusahaan biasanya menjadi tanggung jawab staff humas karena hal itu berkaitan dengan seluruh aspek, yang secara menyeluruh serta menjadi bagian terpenting dari seluruh komunikasi yang dijalankan oleh organisasi.

  • Hubungan Parlemen

Hubungan parlemen dalam hal ini yaitu hubungan diantara organisasi baik secara langsung atau dengan perantara konsultan khusus dengan pemerintah, parlemen serta birokrat dari beberapa departemen serta instansi pemerintah. Terdapat dua unsur di dalam hubungan parlemen yaitu :

1. Usaha untuk mendorong para politisi serta pejabat menjadi sadar dan tahu akan kepentingan organisasi/perusahaan.

2. Usaha untuk mendapatkan beragam informasi untuk organisasi/perusahaan yang berkaitan agar mengetahui peraturan atau UU yang baru yang sedikit banyak memberi pengaruh padanya.

  • Publik Relations Finansial

Tidak ada konsultan PR yang khusus beraktivitas pada bidang keuangan serta operasi bisnis perusahaan. Aktivitas ini dilaksanakan dalam rangka mendukung rencana perusahaan klien untuk ikut serta di bursa saham, atau mendukung peluncuran laporan keuangan tahunan.

Contoh Humas

Contoh dari humas (hubungan masyarakat) adalah :

  • Humas Media Cetak

Secara umum humas media cetak disusun atas proses yang dimana dilaksanakan dengan rilis pers ke banyak surat kabar yang ada. Sering kali humas ini melakukan promosi jika ada perubahan di dalam perusahaan, peluncuran produk, atau layanan yang baru.

  • Humas Media Audio Visual

Humas ini memiliki esensi yang hampir serupa dengan humas media cetak. Informasi yang diberikan pada program yang berkaitan dengan tema promosi. Radio dan TV adalah contoh humas media audio visual.

  • Humas Media Online

Humas ini semakin berkembang serta maju dan telah diaplikasikan di berbagai bentuk. Sebuah informasi yang tertulis dan dimaksimalkan dengan kata kunci yang berkaitan dengan produk dan bisnis, lalu informasi itu dimasukkan ke dalam blog/website yang hasilnya akan dimuat di dalam mesin pencari.

Demikian penjelasan tentang tujuan humas, yang disertai dengan fungsi, pengertian, prinsip, tugas, manfaat dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan anda. Dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *