Sejarah Perusahaan

Sejarah BPRS Khasanah Ummat

Pasca regulasi Undang – Undang No 21 tahun 2018, secara umum pertumbuhan bank syariah semakin meningkat. Seiring dengan penambahan jaringan kantor bank syariah yang pada tahun 2011 meningkat menjadi 338 kantor. Meski meningkatnya penambahan jaringan kantor baru, namun perbankan syariah masih terbatas pemahaman dan sosialisasi terhadap masyarakat. Sosialisasi tersebut mencakup produk, jasa, dan sistem perbankan syariah di Indonesia.

Meskipun mayoritas penduduk Indonesia adalah kaum muslim, namun perkembangan produk perbankan berada dalam posisi minoritas jika dibandingkan dengan bank konvensional. Dengan penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam, perbankan syariah menjadi sangat potensial untuk dikembankan di Indonesia. Termasuk di wilayah Kabupaten Banyumas yang berada di bagian selatan Propinsi Jawa Tengah. Kabupaten Banyumas penduduknya mayoritas beragama Islam.

 

Pertumbuhan perbankan syariah sangat menjanjikan di Indonesia

Semakin bertumbuhnya ekonomi dan jumlah penduduk di Kabupaten Banyumas, merupakan potensi yang besar bagi perkembangan perbankan syariah termasuk BPRS Khasanah Ummat Purwokerto. BPRS merupakan singkatan dari Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Merupakan bank pembiayaan rakyat yang melakukan kegiatan berdasarkan kredit syariah yang diatur dalam undang undang.

Upaya untuk mencapai keuntungan setinggi tingginya adalah tujuan yang biasa dicanangkan oleh bank konvensional. Berbeda dengan tujuan ini, Bank Islam (syariah) berdiri untuk menggalakan, memelihara, serta mengembangkan jasa, serta produk perbankan berdasarkan syariah Islam, Juga mendorong kegiatan investasi dan bisnis lainnya yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Prinsip utama perbankan syariah adalah melarang semua jenis riba pada semua jenis transaksi. Pelaksanaan bisnis harus atas dasar kesetaraan, keadilan, dan keterbukaan, pembentukan kerjasama yang saling menguntungkan. Bank Islam juga sama seperti business entity lainnya, yaitu mengharapkan keuntungan maksimal dalam operasional. Hal ini disebabkan bank Islam harus amanah mengelola dana dana yang diinvestasikan masyarakat. Hanya saja keuntungan yang didapat harus dari usaha yang halal.

Bank Syariah tidak hanya menguntungkan, tetapi juga halal

Ciri khas yang dimiliki bank Islam dan tidak dimiliki oleh bank kovensional adalah pengelolaan dan pengadministrasian dana zakat. Baik yang dikeluarkan oleh bank itu sendiri atau para nasabah atau dana zis titipan yang akan disalurkan sebagai kontribusi pengembangan masyarakat.

PT BPRS Khasanah Ummat berkedudukan di Jl. Sunan Bonang No 27. Tambaksari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Didirikan sesuai akta pendirian no 56 tanggal 24 Februari 2005 yang dibuat oleh Nuning Indraeni, SH. Mendapatkan pengesahan dari Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia No. C-09130 HT01.01 TH 2005 TGL 15 April 2005 dan ijin usaha sesuai keputusan Gubernur Bank Indonesia no 7/41kep.gbi/2005 tgl 13 Juli 2005.